Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Konsep dan Tujuannya

07.04
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Manajemen Keuangan? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Manajemen Keuangan, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Konsep dan Tujuannya .

Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Konsep dan Tujuannya 


Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Konsep dan Tujuannya

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan itu merupakan segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, memakai atau mengalokasikan dana, serta mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi utama dari Manajemen Keuangan, yaitu sebagai berikut :
a. Perencanaan Keuangan (Planning), yang meliputi Perencanaan Arus Kas dan Rugi Laba.
b. Anggaran (Budgeting), perencanaan penerimaan dan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
c. Pengendalian Keuangan (Controlling), melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
d. Pemeriksaan Keuangan (Auditing), melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
e. Pelaporan Keuangan (Reporting), menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

Konsep Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah manajemen atas fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan tentang fungsi keuangan merupakan kegiatan utama dalam mempertanggung jawabkan bidang tertentu dalam memakai dana dan menempatkan dana.

Manajemen dalam bisnis perusahaan terdiri dari beberapa individu yang dikategorikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu sebagai berikut :
1. Kelompok manajemen tingkat pelaksana (operational menegement), yang terdiri dari para suvervisor.
2. Kelompok manajemen menengah meliputi kepada departement, manajer devisi, dan manger cabang.
3. Manajemen eksekutif atau biasa juga dinamakan dengan manajemen penanggung jawab akan fungsi pemasaran, pembelanjaan, produksi, pembiyaan, dan akutansi. Manejemn eksekutif tersebut secara prinsipil berkenaan dengan pembuatan keputusan dalam jangka yang panjang, lalu manajemen menengah yaitu tentang keputusan jangka menengah dan pada manajemen operasional keputusan jangka pendek.

Manajemen keuangan memiliki 3 (tiga) kegiatan utama yaitu sebagai berikut :
1. Perolehan dana, adalah aktivitas untuk memperoleh sumber dana baik itu yang berasal dari internal perusahaan ataupun dari eksternal perusahaan.
2. Pemakaian dana, adalah suatu aktivitas penggunaan atau menginvestasikan dana di berbagai bentuk aset.
3. Pengelolaan Aset (Aktiva), adalah kegiatan yang dilakukan setelah dana telah di dapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan kedalam bentuk aset, dan harus dikelola secara efektif dan efisien.

Konsep dari manajemen dapat kita gambarkan dalam kalimat seperti ini
“Membuat keputusan, memberi perintah, menetapkan kebijakan, menyediakan pekerjaan dan system reward (imbalan) dan mempekerjakan orang untuk melaksanakan kebijakan”.
Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan utama dari Manajemen Keuangan merupakan untuk memperbanyak nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Konsep dan Tujuannya . Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »