Pengertian Era Globalisasi, Dampak, dan Ciri-cirinya

06.37
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Era Globalisasi ? Jika kalian balum jelas tentang 
Pengertian Era Globalisasi, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Era Globalisasi, Dampak, dan Ciri-cirinya.

Pengertian Era Globalisasi, Dampak, dan Ciri-Cirinya


Pengertian Era Globalisasi, Dampak, dan Ciri-Cirinya

A. Pengertian Era Globalisasi

Membicarakan mengenai era Globalisasi, lantas apasebenarnya makna dari era globalissai itu ?. Era Globalisasi diambil dari dua suku kata yaitu kata “era” dan “globalisasi”. Era dapat diartikan sebagai zaman, kurun atau masa bahkan waktu, sedangkan globalisasi sendiri adalah suatuproses yang telah mendunia (global). oleh sebab itu era Globalisasi dapat dimaknai sebagi waktu atau masa dimana segala proses kehidupan sudah mendunia dan meluas.

Jika kita amati, era globalisasi sejatinya telah muncul sejak tahun 1980-an. Dimana di tahun tersebut, bidang atau aspek kehidupan manusia, seperti bidang politik, sosial, ekonomi, agama, teknologi sudah mulai mendunia. Kemajuan jaman yang telah diiringi juga oleh perkembangan teknologi dan sais, membat dunia ini semakin mudah di jangkau. batas-batas Negara semakin sempit bahkan menghilang.

pola hidup masyarakat yang semakin konsumtif serta kemajuan teknologi, membuat segala sesuatu berubah dengan begitu cepat. Kini untuk berinteraksi dengan warga Negara lain, seseorang tidak perlu repot untuk berkunjung dan menelan banyak biaya, mereka hanya cukup menggunakan teknologi yang ada saat ini. Dengan kemajuan teknologi, untuk mengetahui informasi antar Negara kini bukan hal yang sulit, anda hanya cukup memanfaatkansmartphone atau media onlinelainnya, dengan begitu akses informasi akan langsung anda temukan.

B. Dampak Era Globalisasi

Era globalisasi, kehadirannya menimbulkan berbagai dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat dunia. Baik dampak positif maupun dampak negatif dan berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari era Globalisasi:

a. Dampak positif Era Globalisasi :
1. Era Globalisasi yang membuat teknologi semakin maju, memudahkan semua orang untuk mengetahui informasi yang sama dari suatu Negara yang ingin diketahui.
2. Era globalisasi membawa dampak berupamenyatunya masyarakat dunia dalam satu ikatan dan ketergantungan.
3. Era Globalisasi memiliki dampak yang begitu signifikan bagi perkembangan pola pikir dan hidup manusia. Dengan globalisasi manusia akan semakin aktif dalam memanfaatkanserta menampilkan nilai-nilai manusiawi dan juga jati diri dari wilayah serta budayanya masing-masing.

b. Dampak negatif dari era globalisasi :
1. Ketergantungan masyarakat terhadap budaya luar semakin tinggi.
2. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pintar, dapat memicu tingkat kejahatan semakin ting
3. Manusia akan semakin bebas bahkan melupakan nilai religius yang sebelumnya telah mereka miliki.

C. Ciri-Ciri Era Globalisasi

1. Adanya keterbukaan di berbagai bidang
Keterbukaan di berbagai bidang yang terjadi pada era globalisasi saat ini, tidak terlepas dari adanya kemajuan dalam berbagai bidang komunikasi dan informasi.  Globalisasi sungguh identik dengan era keterbukaan. Melalui berbagai macam media massa, kejadian atau peristiwa sekecil apapun dapat diketahui hingga ke ujung dunia, karena kecanggihan tersebut.

Pada era keterbukaan ini juga ditandai dengan adanya kebebasan dalam mengungkapkan pikiran dan argumentasi baik lisan ataupun tulisan. Setiap orang mempunyai kebebasan dan dapat melakukan ataupun sesuai apa yang diinginkannya serta menyampaikan rasa ketidak puasan atas segala kebijakan yang ada. Semua itu terjadi tidak lain karena kecanggihan teknologi sehingga keterbukaan di berbagai sektor bidang tidak dibatasi.

2. Meningkatnya ketergantungan ekonomi antarbangsa
Globalisasi ekonomi mencakup beberapa bidang, diantaranya yaitu tenaga kerja, bidang pembiayaan, perdagangan dan jaringan informasi. Globalisasi ekonomi dikatakan juga dengan era pasar bebas. 

Dalam globalisasi ekonomi, perdagangan tidak hanya antar wilayah, antar provinsi namun perdagangan internasionalpun semakin meningkat. Jadi, dalam memenuhi kebutuhannya, tidak mesti suatu negara memproduksi sendiri segala kebutuhannya, tetapi bisa melalui negara lain dengan pemilihan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Dalam kegiatan ekonomi tidak terbatas pada skala nasional, akan tetapi internasional atau seluruh dunia.

3. Meningkatnya interaksi budaya antarbangsa
Dengan adanya globalisasi mampu meningkatkan hubungan kultur antarbangsa. Melalui adanya perkembangan pesat dari media massa seperti handphone, telephone, televisi, majalah, koran, internet, dls. Kita akan lebih mengenal tentang budaya suatu negara, contohnya seperti film, musik yang banyak diminati dari kalangan anak-anak hingga yang dewasa, fashion, gaya hidup dan kebiasaan mereka, dengan media-media itu sendiri tentu secara tidak sadar kita lebih mengenal tentang suatu budaya dari suatu negara di berbagai belahan dunia. 

Pada saat ini aktivitas berskala internasional semakin banyak dan sering dilaksanakan seperti piala dunia, kegiatan pariwisata, dan bahkan hingga perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain sering dilakukan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Era Globalisasi, Dampak, dan Ciri-cirinya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »