Pengertian Biogas, Cara Pembuatan, dan Kegunaanya

06.12
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Biogas ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Biogas, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya.

Pengertian Biogas, Cara Pembuatan, dan Kegunaanya


Pengertian Biogas, Cara Pembuatan, dan Kegunaanya

Pengertian Biogas

Biogas merupakan suatu gas yang dihasilkan dari proses fermentasi atau anaerobil yang berasal dari bahan-bahan organik seperti kotoran hewan, kotoran manusia dan limbah rumah tangga. Bahan yang paling dibutuhkan untuk membuat gas ini yaitu metana dan karbon dioksida yang terdapat dalam bahan organik.

Manfaat Biogas

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari biogas:

1. Ini bisa mengurangi pemakaian gas LPG, ini karena gas metana yang terkandung dalam biogas bisa dipakai sebagai pembakaran seperti yang terdapat dalam gas LPG.
2. Lingkungan akan lebih bersih dan indah karena dengan mengembangkan biogas maka kita akan memanfaatkan limbah dan kotoran untuk dijadikan bahan pembuat biogas.
3. Menghemat biaya oprasional rumah tangga, dengan kita mengganti bahan bakar gas dan minyak yang relatif mahal dengan menggunakan biogas.
4. Limbah digester dari biogas bisa kita manfaatkan sebagai pupuk organik, baik tiu yang berupa cairan maupun padat yang bisa dimanfaatkan dalam pertanian.
5. Bisa berkontribusi dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, pengurangan emisi terjadi karena kurangnya penggunaan bahan bakar minyak dan kayu.
6. Bisa menjadi bahan bakar alternatif yang bisa menghasilkan listrik untuk menggantikan pemakaian solar. Dengan biogas kita Bisa menghasilkan 6000 watt per jam dengan memakai sekitar 1 meter kubik biogas.
7. Bisa mengurangi kadar asap dan kadar karbon dioksida di udara.

Cara Membuat Biogas

1. cara membuat biogas dari enceng gondok
Enceng gondok merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak mengendung selulosa dan selulosa ini yang akan dipakai untuk bahan bakar alternatif. Tumbok halus atau rajang enceng gondok lalu tambahkan air bersih, selanjutnya masukan enceng gondok ke dalam lubang tabung fermentasi 20kg kemudian campur enceng gondok tersebut dengan 20 kilo liter air, lalu aduk hingga rata dan bisa menghasilkan gas yang bisa digunakan selama satu minggu. 

Setiap hari bisa dipakai dalam waktu 30 menit. enceng gondok seberat 30kg yang sudah di potong-potong halus akan dapat menghasilkan gas yang bisa dipakai selama satu minggu dan 90 menit setiap harinya.

2. Cara membuat biogas dari kotoran organik
Kotoran organik harud dicampur dengan air bersih, umumnya perbandingan antara air dan kotoran ialah 1:1 atau dapat menggunakan perbandingan 1:1,5. Suhu yang berlangsung selama proses antara 27 hingga 28 derajad celcius.

3. Cara membuat biogas dari bahan sampah
Sampah yang dipakai bisa diambil dari sisa sampah pasar atau sayuran yang sudah tidak digunakan seperti sawi, kangkung, bayam dan lainnya. Sampah-sampah itu iaeruukanlah sumber penting dalam membuat biogas. Caranya sama dengan pombuatan biogas laind negan mencampurkan air dengan sampah sayuran tersebut dan mengaduknya hingga menghasiolkan gas.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Biogas, Cara Pembuatan Biogas dan Kegunaanya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »