Pengertian Teks Cerita Fiksi, Jenis, Unsur, Struktur, dan Kaidahnya

07.21
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian  Teks Cerita Fiksi ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian  Teks Cerita Fiksi, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian  Teks Cerita Fiksi, Jenis, Unsur, Struktur, dan Kaidahnya.

Pengertian  Teks Cerita Fiksi, Jenis, Unsur, Struktur, dan Kaidahnya 


Pengertian  Teks Cerita Fiksi, Jenis, Unsur, Struktur, dan Kaidahnya

A. Pengertian Teks Cerita Fiksi

Teks cerita fiksi adalah karya sastra yang mengandung cerita rekaan atau didasari dengan angan-angan “fantasi” serta bukan berdasarkan kejadian nyata, hanya berdasarkan imajinasi pengarang.
Imajinasi pengarang diproses berdasarkan pengalaman, wawasan, pandangan, tafsiran, kecendikiaan, penilaiannya terhadap berbagai peristiwa, baik peristiwa nyata ataupun kejadian hasil rekaan semata.

B. Jenis Teks Cerita Fiksi

Adapun jenis cerita fiksi ada tiga yaitu:
a. Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif.
b. Cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif yang cenderung padat dan langsung pada tujuannya.

C. Unsur-Unsur Teks Cerita Fiksi

Unsur untrinsik yang membangun cerita fiksi dimana unsur ini ada di dalam cerita fiksi sebagai berikut:

aTema
b. Tokoh
c. Alur/Plot
d. Konflik
e. Klimaks
f. Latar
g. Amanat
h. Sudut pandang
i. Penokohan
j. Kesatuan
k. Logika
l. Penafsiran
m. Gaya

Unsur ekstrinsik yang membentuk karya sastra dari luar sastra itu sendiri berikut ini.

a. Keadaan subjektivitas individu pengarang yang mempunyai sikap.
b. Keyakinan.
c. Pandangan hidup yang keseluruhan itu akan mempengaruhi karya yang ditulisnya.
d. Psikologi baik yang berupa psikologi pengarang seperti ekonomi, politik dan sosial juga akan mempengaruhi karya sastra.
e. Pandangan hidup suatu bangsa.
f. Berbagai karya seni yang lain dan sebagainya.

D. Struktur Teks Cerita Fiksi

Jika kita mengetahui struktur cerpen, maka itu tidak jauh berbeda dengan struktur penyusunan teks cerita fiksi, karena struktur cerita fiksi terdiri 6 unsur berikut:

a. Abstrak adalah opsional atau boleh ada ataupun tidak ada, bagian ini menjadi inti dari sebuah teks cerita fiksi.
b. Orientasi adalah berisi mengenai pengenalan tema, latar belakang tema serta tokoh-tokoh didalam novel, terletak pada bagian awal dan menjadi penjelasan dari teks cerita fiksi dalam novel.
c. Komplikasi adalah klimaks dari teks cerita fikasi dimana pada bagian ini mulai muncul berbagai permasalahan, biasanya komplikasi disebuah novel menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.
d. Evaluasi adalah bagian dalam teks naskah novel yang berisi munculnya pembahasan pemecahan atau pun penyelesaian masalah.
e. Resolusi adalah bagian yang berisi inti pemecahan masalah dari masalah-masalah yang dialami tokoh utama.
f. Koda (reorientasi) mengandung amanat dan juga pesan moral positif yang bisa diambil dari sebuah naskah teks cerita fiksi.
g. Tetapi, tidak menutup kemungkinan teks cerita fiksi di novel hanya memiliki struktur berupa evaluasi, orientasi, resolusi dan komplikasi.

E. Kaidah Kebahasaan

Agar kita bisa membedakan teks cerita fiksi dengan yang lain 3 ciri kaidah kebahasaan berikut yang perlu kita ketahui:

a. Metafora adalah perumpamaan yang sering dipakai untuk membandingkan sebuah benda atau menggambarkan secara langsung atas dasar sifat yang sama.
b. Metonimia adalah gaya bahasa yang dipakai, kata-kata tertentu digunakan sebagai pengganti kata yang sebenarnya tetapi pemakaianya hanya pada kata yang mempunyai pertalian yang begitu dekat.
c. Simile (persamaan) dipakai sebagai perbanding yang bersifat eksplisit dengan maksud menyatakan sesuatu hal dengan hal lainnya, misalnya; seumpama, selayaknya, laksana.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian  Teks Cerita Fiksi, Jenis, Unsur, Struktur, dan Kaidahnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya



Artikel Terkait

Previous
Next Post »