Pengertian Perkembangbiakan Tanaman, Keuntungan, dan Kerugiannya

07.39
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Perkembangbiakan Tanaman ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Perkembangbiakan Tanaman, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Perkembangbiakan Tanaman, Keuntungan, dan Kerugian.

Pengertian Perkembangbiakan Tanaman, Keuntungan, dan Kerugiannya 


Pengertian Perkembangbiakan Tanaman, Keuntungan, dan Kerugianya

Pengertian Perkembangbiakan Tanaman

Perkembangbiakan tanaman adalah suatu proses yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah tanaman spesies atau kultivar tertentu, secara umum terdapat dua tipe perkembangbiakan tanaman yaitu:
a. Perkembangbiakan seksual
b. Perkembangbiakan aseksual

Dan di alam hampir semua tanaman berkembangbiak secara seksual dengan menghasilkan biji yang viabel.

Perkembangbiakan Seksual

Perkembangbiakan seksual melibatkan penyatuan serbuk sari “jantan” dan sel telur “betina” untuk memproduksi biji. Sebuah biji tersusun atas tiga bagian yaitu kulit biji sebagai pelindung biji, endosperma sebagai cadangan makanan dan embrio yang merupakan calon tanaman. Ketika biji telah dewasa dan berada pada lingkungan yang sesuai maka biji tersebut akan mulai berkecambah, yang secara umum terdapat dua tipe pembiakan secara seksual yaitu isogami dan heterogami.

Keuntungan Dan Kerugian
Adapun dalam perkembiakan seksual ada keuntungan dan kerugian yang diantaranya adalah:

Keuntungan
Tanaman ditanam melalui biji dalam kondisi hidup, mempunyai sistem perakaran yang dalam sehingga mempunyai vigor yang baik, memungkinkan terjadinya perbaikan sifat dibandingkan induknya adanya polyembryony, perkembangbiakan dengan biji sangat dibutuhkan ketika perkembangbiakan vegetatif mengalami kegagalan atau membutuhkan banyak biaya.

Kerugian
Jika keturunan yang dihasilkan tidak mewarisi sifat unggul tetuanya maka hasil anakan bersifat inferior sehingga tidak menguntungkan, biji kehilangan viabilitas dalam periode yang singkat penyemaian menyebabkan tanaman mengalami fase juvenile yang lama.

Perkembangbiakan Aseksual

Perkembangbiakan aseksual merupakan salah satu metode reproduksi pada tanaman tanpa melalui meiosis, reduksi ploidi atau persilangan sehingga menghasilkan keturunan yang merupakan klon dari induknya.

Sifat anakan sama dengan induk karena tidak terjadi peleburan sifat, beberapa tanaman berkembangbiak secara aseksual yang mana membuat mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mempertahankan populasi.

Para ahli hortikultura memanfaatkan sifat ini untuk memperbanyak tanaman dalam jumlah banyak secara cepat. Perkembangbiakan aseksual yang terjadi secara alami merupakan membelah diri, sementara metode perkembangbiakan aseksual yang ditemukan oleh manusia yaitu cangkok, stek, kultur jaringan dan lain-lain.

Keuntungan Dan Kerugian Perkembangan Aseksual

Adapun keuntungan dan kerugian perkembangan aseksual yang diantaranya adalah:

Keuntungan
a. Keberhasilannya bisa segera dilihat.
b. Tetua heterosigot bisa dilestarikan tanpa mengubah sifat.
c. Dan lebih mudah dan cepat dari pada pembiakan dengan biji karena masalah dormansi benih bisa dihilangkan sama sekali dan status juvenile diperpendek.

Kerugian
Kerugian utama dari perbanyakan aseksual merupakan hilangnya keragaman, para ilmuwan sepakat bahwa keragaman adalah faktor yang penting dalam resistensi dan penyakit.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Perkembangbiakan Tanaman, Keuntungan, dan Kerugian. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »