Pengertian Laju Pertumbuhan Penduduk dan Dampaknya

07.01
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Laju Pertumbuhan  Penduduk ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Laju Pertumbuhan  Penduduk, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Laju Pertumbuhan  Penduduk, Akibat, dan Dampaknya.

Pengertian Laju Pertumbuhan Penduduk, Akibat, dan Dampaknya


Pengertian Laju Pertumbuhan Penduduk, Akibat, dan Dampaknya

Pengertian Laju Pertumbuhan  Penduduk

Pertumbuhan  penduduk adalah berubahnya populasi penduduk sewaktu-waktu, dapat dihitung perubahanya dalam jumlah individu dalam populasi pengukuran memakai "per waktu unit". Dalam demografi dan ekologi nilai pertumbuhan penduduk (NPP) merupakan nilai kecil bagi jumlah individu dalam sebuah populasi maningkat. laju pertumbuhan penduduk dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Laju Pertumbuhan Penduduk Eksponensial.

Laju pertumbuhan penduduk merupakan berubahnya jumlah penduduk disuatu wilayah  disetiap tahunya. Laju pertumbuhan penduduk berfungsi untuk memprediksi jumlah penduduk yang akan datang. Laju pertumbuhan penduduk eksponensial juga memakai asumsi, bahwa pertumbuhan penduduk disetiap tahunya angka kelahiran dan kematian terus menerus.

b. Laju Pertumbuhan Penduduk Geometrik.

laju pertumbuhan geometrik juga memakai asumsi, bahwa laju pertumbuhan penduduk sama setiap tahunya.

Akibat Pertumbuhan Penduduk.

Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali tentu akan menimbulkan banyak pengaruh dalam nilai kehiddupan. Akibat yang ditimbulkan akan menimbulkan masalah diberbagai bidang. Jumlah penduduk diindonasia menduduki posisi ke4 didunia dan ke3 diasia. Jumlah penduduk tertinggi yaitu china yaitu (1,3 meliar ) dan disusul oleh india (1,14 meliar ) dan amerika (303 juta ). Indonesia waktu 2008 mencapai (237,5 juta ) jiwa dgn laju pertumbuhan pendudduk berkisaran 1,2 atau 1,3%. penduduk indonesia akan mencapai 337 juta jiwa ditahun 2051 an.

Masalah yang akan dihadapi ketika meningkatnya jumlah  penduduk yaitu pangan, energi, dan papan. Masalah meningkatnya jumlah penduduk tak hanya pangan, energy, dan papan namun juga nilai pengangguran, kemiskinan, angka kriminalis dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk mengataasi meningkatnya jumlah penduduk yaitu transmigrasi, program keluarga berencana(KB), meningkatnya standart pendidikan, serta melakukan pengawasan-pengawasan yang oktimal.

Dampak Positif Pertumbuhan Penduduk

Secara umum, pertumbuhan penduduk membawa dampak positif dan negatif bagi manusia. Beberapa dampak positifnya yaitu:
1. Tersedianya tenaga kerja untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan yang terus meningkat.
2. Bertambahnya kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan sehingga berkembang jumlah dan jenis usaha lokal.
3. Meningkatnya investasi atau penanaman modal karena makin banyak kebutuhan manusia.
4. Meningkatnya inovasi karena penduduk dipaksa untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya, agar produktivitas lahan pertaniannya meningkat, manusia mengembangkan pupuk dan benih unggul untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang terus meningkat.

Dampak Negatif Pertumbuhan penduduk

Disamping dampak positif, pertumbuhan penduduk yang tinggi juga berpotensi menyebabkan dampak negatif terutama jika  tidak diimbangi dengan kualitas penduduk dan ketersediaan sarana prasarana hidup serta lapangan pekerjaan.  Beberapa dampak tersebut antara lain sebagai berikut.

Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, meliputi.
1. meningkatkan layana kesehatan dan kemudahan untuk mengikuti program keluarga                             berencana.
2. meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan.
3. masyarakat diwajibkan beljar selama 6tahun sampai 12tahun.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Laju Pertumbuhan Penduduk, Akibat, dan Dampaknya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tesebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »