Pengertian Dimensi Besaran, Fungsi, Rumus, dan Contohnya

06.25
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Dimensi Besaran ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Dimensi Besaran, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Dimensi Besaran, Fungsi, Rumus, dan Contohnya.

Pengertian Dimensi Besaran, Fungsi, Rumus, dan Contohnya 


Setiap sesuatu yang ada disekitar kita yang bisa diukur, baik skala kecil ataupun besar. Dasar satuan yang dipakai dalam besaran adalah Satuan Internasional “SI” yang merupakan satu hasil konferensi para ilmuan di Paris yang membahas tentang berat dan ukuran.

Dari pembahasan besaran ini, ditemukanlah yang biasa disebut Dimensi. Sebenarnya apa sih dimensi itu..? Simak pembahasan berikut ini.

A. Pengertian Dimensi Besaran

Dimensi suatu besaran merupakan penggambaran atau cara penulisan suatu besaran dengan memakai simbol ataupun lambang besaran pokok. Hal ini berarti dimensi suatu besaran menunjukkan cara besaran itu tersusun dari besaran-besaran pokok. 

Apapun jenis satuan besaran yang dipakai tidak mempengaruhi dimensi besaran tersebut, misalnya satuan panjang bisa dinyatakan dalam m, cm, km, ft, keempat satuan ini memiliki dimensi yang sama yakni L.

Pada sistem satuan internasional “SI” ada tujuah besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi, cara penulisan dimensi dari suatu besaran dinyatakan dengan lambang huruf tertentu dan diberi kurung persegi. Berikut tabel besaran pokok dan dimensinya:


Dimensi dari besaran turunan bisa disusun dari dimensi besaran-besaran pokok, berikut ini tabel besaran turunan:


Tidak hanya terpaku pada tabel diatas, cukup banyak besaran turunan lainnya yang bisa dibuat dimensinya untuk membuktikan kebenaran dari besaran atau persamaan tersebut. Dengan berjalannya waktu, perkembangan besaran turunan makin meningkat sehingga bisa dikatakan dimensi besaran turunan bisa terus diperbaharui.

B. Fungsi Dimensi

Jika dipahami dengan seksama, kita bisa diambil kesimpulan beberapa fungsi dari dimensi yaitu:
Dimensi Dipakai Untuk Membuktikan Kebenaran Suatu Persamaan. Pembelajaran ilmu fisika banyak bentuk-bentuk penjelasan sederhana untuk memudahkan seperti persamaan fisika. Bagaimana cara membuktikan kebenarannya..?? salah satunya adalah dengan analisa dimensional.

Analisis Dimensional

Analisis dimensional yaitu suatu cara untuk menentukan satuan dari suatu besaran turunan, dengan cara memperhatikan dimensi besaran tersebut. Salah satu manfaat dari konsep dimensi adalah untuk menganalisis atau menjelaskan benar atau salahnya suatu persamaan “fungsi dimensi”, metode penjelasan dimensi atau analisis dimensi memakai aturan:

Dimensi ruas kanan sama dengan dimensi ruas kiri.

Setiap suku berdimensi sama.
Contoh:
Sebuah benda yang bergerak diperlambat dengan perlambatan a yang tetap dari kecepatan vodan menempuh jarak sebesar s maka akan berlaku hubungan vo2=2aS. Buktikan kebenaran persamaan itu dengan analisa dimensional..!!!

Karena kedua ruas kiri dan kanan sama, artinya persamaannya bisa jadi besar benar.Dimensi Dipakai Untuk Menurunkan Persamaan Suatu Besaran Dari Besaran-Besaran Yangmempengaruhinya. Untuk membuktikan hukum-hukum fisika bisa dilakukan prediksi-prediksi dari besaran yang mempengaruhinya. 

Dari besaran-besaran ini bisa ditentukan persamaan dengan analisa dimensional. Bahkan hubungan antar besaran dari sebuah eksperimen bisa ditindak lanjuti dengan analisa ini. Dan juga berfungsi untuk menunjukkan kesetaraan beberapa besaran.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Dimensi Besaran, Fungsi, Rumus, dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya



Artikel Terkait

Previous
Next Post »