Pengertian Atlas, Jenis, Contoh, Fungsi, dan Syaratnya

07.05
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Atlas ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Atlas, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Atlas, Jenis, Contoh, Fungsi, dan Syaratnya.

Pengertian Atlas, Jenis, Contoh, Fungsi, dan Syaratnya


Pengertian Atlas, Jenis, Contoh, Fungsi, dan Syaratnya

Pengertian Atlas

Arti atlas merupakan kumpulan peta yang dibukukan yang mana kumpulan-kumpulan peta itu sendiri bisa mencakup seluruh peta dunia ataupun sebagian saja. Peta dunia yang berbentuk dari atlas modern pertama oleh Ortelius-Theatrum Orbis Terrarum pada tahun 1570.

Definisi lain tentang atlas yaitu atlas adalah kumpulan-kumpulan dari peta yang kemudian disatukan kedalam model buku, yang mana kumpulan peta yang tersaji dalam bentuk buku tersebut berisikan dengan informasi tentang geografi batas-batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama dan ekonomi. Dan semua informasi tersebut tersaji dalam satu bentuk buku peta yang dikatakan dengan atlas.

Jenis-jenis Atlas

Berdasarkan menurut jenisnya atlas dibagi menjadi tiga jenis, adapun tiga jenis atlas yang dimaksud yakni sebagai berikut:

1. Atlas Umum
Atlas umum merupakan atlas yang memberikan informasi secara umum tentang kenampakan geografi di permukaan bumi. Contoh jenis atlas umum adalah atlas nasional, atlas regional dan atlas dunia.

2. Atlas Khusus
Atlas khusus ialah atlas yang hanya memuat satu jenis informasi saja sesuai dengan judulnya. Misalanya atlas khusus yaitu atlas penduduk dan atlas geologi.

3. Atlas Semesta
Atlas semesta merupakan atlas yang memaparkan keadaan semesta alam yang antara lain yang berhubungan dengan tata surya, galaksi dan perbintangan serta peredaran benda-benda angkasa.

Berdasarkan menurut tujuan dan isinya atlas kemudian dibedakan menjadi tiga jenis, adapun tiga jenis atlas menurut tujuan dan isinya yang dimaksud yaitu sebagai berikut:
a. Atlas referensi yakni atlas yang dipakai untuk mengetahui kenampakan geografi dan batas negara “batas wilayah”.
b. Atlas pendidikan atau atlas sekolah.
c. Atlas tematik yaitu atlas yang berisi dengan peta-peta dengan tema tertentu. Contoh atlas tematik ialah peta persebaran penduduk, peta pertanian, peta pariwisata dan lain sebagainya.

Fungsi Atlas

Adapun fungsi atlas diantaranya yaitu:
a. Bisa menunjukkan lokasi wilayah tertentu.
b. Bisa membendingkan luas, letak dan lokasi tertentu dengan negara lain.
c. Bisa membandingkan perbedaan relief antar wilayah.
d. Menunjukkan lokasi kota sungai atau danu sesuai.

Syarat-Syarat Atlas

Atlas sebagai sumber informasi geografi hendaknya memenuhi syarat sebagai berikut:
a. Menggambarkan suatu daerah dengan data yang akurat.
b. Mempunyai formulasi warna atau simbol lain yang tepat sehingga menarik.
c. Dilengkapi dengan diagram-diagram dan data statistik daerah yang dipetakan.
d. Dalam membuat peta harus mengikuti aturan-aturan kartografi dan menggunakan proyeksi peta tertentu yang disesuaikan dengan tujuan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Atlas, Jenis, Contoh, Fungsi, dan Syaratnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tesebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya


Artikel Terkait

Previous
Next Post »