Pengertian Teks Eksemplum, Struktur, Ciri, Karakteristik dan Contohnya. LENGKAP

23.28
Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian teks eksemplum secara singkat dan lengkap beserta fitur, ciri, struktur dan juga contoh teks eksemplum. Baiklah mari kita simak pengertian berikut ini

Pengertian Teks Eksemplum, Struktur, Ciri, Karakteristik dan Contohnya.

Pengertian Teks Eksemplum, Struktur, Ciri, Karakteristik dan Contohnya.

A. Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan teks cerita yang menceritakan perilaku atau tokoh dari ceritanya. Contoh kisah teks eksemplum biasa diawali dengan pengenalan tokoh, peristiwa yang dialami tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi yang muncul dari dalam diri tokoh tersebut. Teks eksempulm juga termasuk jenis karya yang mengenai sebuah pengalaman hidup manusia.

Dalam bahasa indonesia, teks eksemplum merupakan jenis teks rekaan yang berisi insiden yang menurut partisipannya tidak perlu terjadi. Secara pribadi, partisipan menginginkan insiden itu bisa diatasi tetapi ia tidak bisa berbuat apa-apa.

B. Struktur Teks Eksemplum

Karena teks eksplum itu teks rekaan yang memiliki ciri dan struktur yang khas sehingga bisa membedakan teks eksemplum dengan teks lainya. Struktur teks eksemplum diantaranya sebagai berikut:
  • Abstrak: ialah inti peristiwa yang akan mengantar dan yang menggambarkan peristiwa yang akan dibahas.
  • Orientasi: ialah bagian awal atau pembuka dari teks eksemplum. Bagian ini biasanya berisi tentang pengenalan tokoh.
  • Contoh: "Perempuan itu sangat baik hati dan juga patuh terhadap orang tua".
  • Insiden: ialah peristiwa atau bagian yang berisi permasalahan yang dialami oleh tokoh dan yang tidak diinginkan.
  • Contoh: "Ahmad kehabisan waktu untuk mengerjakan tugas sekolahnya karena terlalu banyak bermain bersama temannya".
  • Interpretasi: ialah bagian yang berisi pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita.
  • Koda: ialah bagian penutup cerita dan nilai-nilai yang disarankan oleh tokoh.


C. Ciri-ciri Teks Eksemplum

Sebagai salah satu teks atau karya dalam bahasa indonesia, teks eksemplum mempunyai ciri khusus yang dapat membedakan teks jenis eksemplum dengan teks jenis lain. Berikut meerupakan ciri dari teks eksemplum:
1. Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
2. Adanya urutan peristiwa yang jelas.
3. Mempunyai struktur lengkap.
4. Menggunakan bahasa naratif.
5. Mempunyai struktur lengkap, yaitu dari abstrak, orientasi, insiden, interprestasi dan koda.

D. Karakteristik teks Eksemplum

Teks eksemplum juga memiliki karakteristik khusus. Berikut karakteristik dari teks eksemplum:
1. Berisi peristiwa yang tidak sering terjadi.
2. Peristiwa merupakan hal yang tidak diinginkan.
3. Menimbulkan penyesalan bagi partisipan.
4. Menghadirkan diri penulis dalam interpretasi dan koda.
5. Mengandung nilai-nilai ayng disarankan oleh partisipan.

E. Contoh teks eksemplum:

“tragedi menginap di kost”
Semester 3 saya diizinkan untuk nge-kost oleh orang tua saya, karena di semester 3 banyak kegiatan malam yang harus dikeerjakn. Sebelumnya saya tidak pernah nge-kost, saya berangkat dari rumah sendirian mengendarai motor kira-kira se-jam perjalanan sampai ke kampus.

Kost-an yang saya pilih tidak terlalu jauh dari kampus, kira-kira 5 menit dari kampus dengan jalan kaki. Saya satu kamar dengan ika, teman saya, meskipun berbeda jurusan tapi kami begitu akrab. Setelah merapikan barang saya di kost, saya mulai melakukan aktivitas yang dilakukan anak kost kebanyakan seperti biasanya dan saya mulai beradaptasi.

Tepatnya hari jum’at, pertama kalinya saya menginap di kost-an. Pada malam hari, tiba-tiba saya terbangun dari tidur, saya melihat sosok hantu kepala tanpa tubuh yang melayang disamping lemari. Saya kagetdan ingin bertriak tetapi serasa suara saya terjepit ditenggorokan, saya ingin membangunkan sahabat saya tetapi saya tidak bisa bergerak, aneh sekali.

Saya beranikan untuk membaca do’a sambil memejamkan mata saya dan secara perlahan saya membuka mata. Alhamdulillah hantu itu sudah hilang dan saya pun melanjutkan tidur saya sambil berdo’. Saya merasa bersalah karena sebelum tidur, tidak pernah berdo’a terlebih dahulu. Semenjak kejadian itu saya sering salat malam dan mengaji dengan teman saya agar kami tidak daganggu oleh hantu lagi.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas tentang Pengertian Teks Eksemplum, Struktur, Ciri, Karakteristik dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. dan semoga artikel ini dapat bermafaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. mungkin hanya itu sekian trima kasih.

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »