Pengertian Pajak, Ciri, dan Fungsinya

06.36
Sudahkah kalian mengetahui mengenai pengertian pajak ? jika kalian masih bingung penjelasan mengenai pengertian pajak kalian bisa ikuti pelajarmuda.com karena saya akan membahas mengenai Pengertian Pajak, Ciri, dan fungsinya. simak selanjutnya.

Pengertian Pajak, Ciri, dan Fungsinya


Pengertian Pajak, Ciri, dan Fungsinya

A. Pengertian Pajak

Pajak merupakan pungutan wajib yang dibayar rakyat untuk negara dan akan berguna untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat yang membayar pajak tidak akan merasakan manfaat dari pajak secara langsung, karena pajak dipakai untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan pribadi.

Pajak adalah salah satu sumber dana pemerintah untuk melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. Pemungutan pajak bisa dipaksakan karena dilaksanakan berdasarkan undang-undang.

Menurut UU no.6 tahun 2000 pajak ialah iuran yang wajib dibayar oleh wajib pajak berdasarkan norma-norma hukum untuk membiayai pengeluaran umum dan jasanya tidak diterima secara langsung.

B. Ciri-Ciri Pajak sebagai berikut.

1. Iuran wajib yang dikenakan kepada masyarakat wajib pajak
2. Iuran wajib yang ditetapkan dengannorma-norma atauaturan hukum
3. Digunakan untuk membiayai kepentingan umum
4. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat
5. Balas jasanya tidak diterima secara langsung.

C. Fungsi Pajak

1. Sebagai sumber pendapatan negara.
2. Sebagai alat pemerataan ekonomi.
3. Sebagai pengatur kegiatan ekonomi.
4. Sebagai alat stabilitasi perekonomian.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Pajak. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai penulisan tersebut, kalian jangan segan-segan untuk mengirimkan komentar. Semoga arrikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertia. Sekian trima kasih. 

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »