Pengertian Mutasi Gen, Proses, Jenis, Dan Contohnya LENGKAP

08.53
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Mutasi Gen ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Mutasi Gen, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Mutasi Gen, Proses, Jenis, Dan Contohnya.

Pengertian Mutasi Gen, Proses, Jenis, Dan Contohnya 


Pengertian Mutasi Gen, Proses, Jenis, Dan Contohnya  LENGKAP

A. Pengertian Mutasi Gen

Mutasi gen merupakan perubahan permanen dalam urutan DNA yang membentuk gen, sehingga urutannya berbeda dari apa yang ditemukan pada kebanyakan orang.
Mutasi mempunyai berbagai ukuran; mereka bisa mempengaruhi dimana saja dari bahan penyusun DNA tunggal (pasangan basa) untuk segmen besar kromosom yang mencakup beberapa gen.

B. Proses Mutasi Gen

Mutasi gen bisa diklasifikasikan dalam dua cara utama, yaitu:
Mutasi turun-temurun yang diwariskan dari orangtua dan hadir sepanjang hidup seseorang di hampir setiap sel dalam tubuh. Mutasi ini juga dinamakan juga mutasi germline karena mereka hadir dalam sel telur atau sel sperma orang tua mereka, yang juga disebut sel germinal. Ketika telur dan sel sperma bersatu, menghasilkan sel telur yang telah dibuahi dan menerima DNA dari kedua orang tuanya. Jika DNA ini mempunyai mutasi, anak yang tumbuh dari sel telur yang dibuahi akan mempunyai mutasi di setiap sel nya.

Mutasi Diakuisisi (atau somatik) terjadi pada beberapa waktu selama hidup seseorang dan hadir hanya dalam sel-sel tertentu, tidak di setiap sel dalam tubuh. Perubahan ini bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti radiasi ultraviolet dari matahari, atau bisa terjadi jika terjadi kesalahan ketika menyalinan DNA itu sendiri selama pembelahan sel. Mutasi yang diperoleh dalam sel somatik (selain sel sperma dan sel telur) tidak bisa diteruskan ke generasi berikutnya.

C. Jenis-Jenis Mutasi Gen

Menurut Kejadiannya

1. Spontan (spontaneous mutation)

Mutasi spontan ialah mutasi (perubahan materi genetik) yang terjadi akibat adanya sesuatu pengaruh yang tidak jelas, baik dari lingkungan luar maupun dari internal organisme itu sendiri. Mutasi ini terjadi di alam secara alami (spontan), dan secara kebetulan.

2. Induksi (induced mutation)

Mutasi terinduksi ialah mutasi yang terjadi akibat paparan dari sesuatu yang jelas, misalnya paparan sinar UV. Secara mendasar tidak terdapat perbedaan antara mutasi yang terjadi secara alami dan mutasi hasil induksi.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Mutasi Gen, Proses, Jenis, Dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih.

Artikel lainya


Artikel Terkait

Previous
Next Post »