Pengertian Fakta Dan Opini, Perbedaan, dan Contohnya

08.21
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Fakta Dan Opini ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Fakta Dan Opini, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Fakta Dan Opini, Perbedaan, dan Contohnya.

Pengertian Fakta Dan Opini, Perbedaan, dan Contohnya


Pengertian Fakta Dan Opini, Perbedaan, dan Contohnya

A. Pengertian Fakta Dan Opini

Pengertian Fakta adalah suatu hal, keadaan, ataupun peristiwa yang berbasis kepada kenyataan atau sesuatu yang benar-benar sudah terjadi. Sedangkan Pengertian Opini adalah suatu Pendapat, atau pikiran, atau juga pendirian yang belum diakui tentang kebenarannya. 

Berdasarkan pengertian fakta dan juga opini serta contohnya tersebut, kita sebenarnya sudah bisa membedakan fakta dan juga opini, Perbedaan fakta dan juga opini tersebut bisa  terlihat dari pengertiannya tersebut, untuk bisa mengetahui perbedaan fakta dan juga opini secara lebih jelas bisa kita amati pengertian dari keduanya, lalu bisa disimpulkan dimana letak perbedaannya ,

B. Perbedaan Fakta Dan Opini

Fakta adalah sesuatu yang apa adanya terjadi. dalam artian, fakta itu tersebut adalah gambaran mengenai keadaan ataupun peristiwa. Oleh sebab itu, fakta sulit  untuk bisa terbantahkan disebabkan karena bisa dilihat, atau juga diketahui oleh banyak pihak. Meskipun hal demikian fakta tersebut bisa saja berubah jika ditemukan fakta baru yang jelas dan juga lebih akurat.
Sedangkan Opini adalah Pendapat belum benar adanya. Pendapat pribadi tersebut bisa benar bahkan bisa juga salah . Pendapat seseorang tersebut juga berbeda beda dengan pendapat seseorang lainnya. suatu pendapat tersebut akan bisa semakin mendekati kebenaran apabila jika ditunjang oleh keberadaan suatu fakta yang kuat dan juga menyakinkan

C. Contoh Fakta dan Opini

a. Contoh Fakta

1. Sekarang, rata-rata waktu yang dipakai untuk setiap siswa untuk dapat belajar sekitar lima jam perhari
2. Sementara hal tersebut, ditahun sebelumnya, menurut survei dari sebuah lembaga LSM, waktu belajar mereka tersebut diluar dari kegiatan sekolah adalah hanya 2-3 jam per hari.

b. Contoh Opini

1. Kesadaran terhadap akan pentingnya belajar di kalangan para remaja indonesia akan semakin meningkat, terutama dilihat dari sisi jumlah jam belajar mereka. Kesadaran tersebut perlu ditunjang oleh kepedulian orang tua dan juga  Pemerintah, misalnya dengan cara menyediakan bahan bacaan yang bermutu dan juga sesuai dengan taraf perkembangan psikologi para remaja.
2. Perlu adanya perubahan formasi tempat duduk agar suasana dalam belajar di kelas lebih dapat menyenangkan

Kesimpulan dari pelajarmuda.com ialah  :
Dari uraian tersebut bisa disimpulkan bahwa fakta berguna sebagai dasar bagi suatu pendapat. Seseorang sebaiknya dapat mengemukakan fakta terlebih dahulu, kemudian baru mengemukakan suatu berpendapat. Sebaliknya, fakta itu sendiri  juga bisa berguna untuk memperjelas adanya pendapat. Dalam hal tersebut, seseorang sebaiknya bisa berpendapat dulu, kemudian baru bisa menyertainya dengan fakta-fakta yang akurat kebenarannya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Fakta Dan Opini, Perbedaan, dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »