Pengertian karangan, jenis, fungsi, dan manfaatnya.

06.59
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian karangan ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian karangan, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian karangan, jenis, fungsi, dan manfaatnya.

Pengertian karangan, jenis, fungsi, dan manfaatnya.


Pengertian karangan, jenis, fungsi, dan manfaatnya.

A. Pengertian Karangan

Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karangan diartikan pula dengan rangkaian hasil pikiran atau ungkapan perasaan ke dalam bentuk tulisan yang teratur.

B. Jenis-Jenis Karangan

Berdasarkan tujuannya, jenis karangan dibagi dalam jenis-jenis sebagai berikut: 
1. Karangan narasi adalah karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan itu.
2. Karang deskripsi adalah karangan yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu.
3. Karangan eksposisi adalah karangan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya, dikemukakan data dan fakta untuk memperjelas pemaparan.
4. Karangan argumentasi adalah karang yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca meyakini kebenaran itu, pembuktian memerlukan data dan fakta yang meyakinkan.
5. Karangan persuasi adalah karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, karangan ini pun memerlukan data sebagai penunjang.

C. Fungsi Atau Manfaat Karangan

1. Untuk memudahkan penulisan sebuah karya tulis agar menjadi lebih sistematis dan rapih.
2. Untuk mencegah penulis keluar dari ide awal yang akan dibahas dalam suatu karangan yang akan digarap.
3. Untuk mencegah penulis membahas suatu ide atau topik bahasan yang sudah dibahas sebelumnya.
4. Untuk memudahkan penulis mencari informasi pendukung suatu karangan yang berupa data atau fakta.
5. Untuk membantu penulis mengembangkan ide-ide yang akan ditulis didalam suatu karangan agar karangan menjadi lebih variatif dan menarik.

D. Unsur-Unsur Karangan

Dalam membuat karangan buka asal tulis saja akan tetapi sebuah karangan yang baik ialah karangan yang mempunyai empat unsur yang diantaranya yaitu:

Gagasan

Ini bisa berupa pendapat, pengalaman atau pengetahuan yang ada dalam pikiran seseorang.

Tuturan

Ini adalah bentuk pengungkapan gagasa sehingga dapat dipahami pembaca dan kepustakaan.
Tatanan
Yaitu pengaturan dan penyusunan gagasan dengan mengindahkan berbagai asas aturan dan teknik.

Wahana

Yaitu sarana pengatar gagasan berupa bahasa tulis yang terutama menyangkut kosa-kata, gramatika dan retorika.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian karangan, jenis, fungsi, dan manfaatnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »