Pengertian Pantun, Ciri dan Syarat-Syaratnya

08.04
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Pantun ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Pantun, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Pantun, Ciri dan Syarat-Syaratnya

Pengertian Pantun, Ciri dan Syarat-Syaratnya


Pengertian Pantun, Ciri dan Syarat-Syaratnya

A. Pengertian Pantun

Pantun ialah bentuk puisi lama melayu indonesia yang terdiri dari empat baris, berima silang (a-b-a-b), irama yang indah, dan mempunyai makna yang penting. Pantun berasal dari bahasa jawa kuno “tuntun” yang berarti mengatur, menuntun dan menyusun.

Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyampaikan pendidikan dan hal-hal yang bermanfaat seperti yang tercantum pada karya sastra bahasa indonesia lama yaitu pantun. Pada awalnya pantun disampaikan secara lisan, namun seiring berkembangnya zaman pantun bisa juga disampaikan dengan cara tertulis. Pantun adalah karya guna untuk menghibur atau menegur.

B. Ciri-Ciri Pantun

Ciri-ciri utama pantun ialah sebagai berikut : 

1. Pantun memiliki setiap bait pantun  Satu bait terdiri dari 4 baris.
2. Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
3. Dua baris pertama disebut sampiran sedangkan dua baris berikutnya berisi apa maksud si pemantun yang mana di bagian ini disebut isi pantun.
4. Setiap baris terdiri dari 4-6 kata
5. Setiap bait pantun terdiri dari sampiran dan isi. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi. (Walaupun sampiran tidak berhubungan langsung dengan isi, namun lebih baik apabila kata-kata pada sampiran merupakan cermin dari isi yang hendak disampaikan).
6. Tiap baris terdiri dari 9-10 kata
7. Pantun bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a- (tidak boleh a-a-b-b atau sajak lain).

C. Syarat-Syarat pantun

Adapun syarat-syarat pantun antara lain sebagai berikut:

1. Satu bait pantun terdiri dari 4 baris
2. Baris ke -1 dan ke-2 adalah sampiran dan baris ke-3 dan ke-4 adalah isi pantun
3. Satu baris pantun terdiri dari 8-12 suku kata
4. Pantun bersajak a-b-a-b

D. Macam-Macam Pantun bedasarkan Isi

1. Pantun Kiasan merupakan pantun yang berisi kiasan biasa untuk mengungkapkan suatu hal secara tersirat.
2. Pantun Nasihat merupakan pantun yang berisi nasihat dengan tujuan mendidik, dan memberikan nasihat moral, budi perkerti, dll.
3. Pantun Jenaka merupakan pantun yang berisi hal-hal lucu dan menarik
4. Pantun Teka-Teki merupakan pantun yang berisikan teka teki dan pendengar atau pembaca diberi kesempatan untuk teka-teki pantun tersebut.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas Pengertian Pantun, Ciri dan Syarat-Syaratnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »