Pengertian Kalimat Abstrak, Manfaat, Bentuk, dan Unsurnya

07.25
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Kalimat Abstrak ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Kalimat Abstrak, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Kalimat Abstrak, Manfaat, Bentuk, dan Unsurnya.

Pengertian Kalimat Abstrak, Manfaat, Bentuk, dan Unsurnya 


Pengertian Kalimat Abstrak, Manfaat, Bentuk, dan Unsurnya

A. Pengertian Kalimat Abstrak

kalimat Abstrak ini dipakai sebagai “jembatan” untuk dapat memahami suatu uraian yang akan disajikan didalam suatu karangan (artikel ilmiah ataupun laporan ) terutama adalah untuk bisa memahami ide-ide dalam suatu permasalahannya. Dari kalimat abstrak, anda bisa mengetahui jalan pikiran penulisan suatu laporan ataupun artikel ilmiah tersebut dan juga untuk mengetahui gambaran umum tulisan secara lengkap.

B. Manfaat Abstrak

Abstrak digunakan untuk :
1. Untuk bisa menghemat waktu dalam pembacaan dokumen aslinya
2. Untuk bisa memperbanyak jumlah bacaan yang dapat dibaca dalam jangka waktu yang bersamaan
3. Untuk bisa mempermudah dalam seleksi bacaan sebab dengan membaca judul-judul saja , pembaca belum diketahui jelas seluruh isi dalam karangan
4. Untuk bisa membantu menghilangkan kesulitan bahasa didalam membaca karangan aslinya
5. Untuk bisa membantu mencari literature sebab banyak karangan yang tidak diterbitkan
6. Untuk bisa meningkatkan efisiensi pembuatan indeks
7. Untuk bisa membantu dalam pembuatan tinjauan pustaka.

C. Bentuk abstrak

Setiap abstrak juga mempunyai bentuk yang serupa:

Judul: Apa..?
Latar belakang: Mengapa..?
Gambaran: Kapan..? Di mana..? Bagaimana..? Berapa..?
Kesimpulan: Solusi atau juga Pelajaran

Abstrak yang baik adalah mengikuti asas dari jurnalistik, dengan mengandung “5 W, 1 H”:

Who = Siapa?
What = Apa?
Why = Mengapa?
When = Kapan?
Where = Di Mana?
How = Bagaimana? Dan
How many = Berapa?

D. Jenis Abstrak yang baik

1. Fisik:

Singkat
Indah

2. Isi:

Clear (Jelas)
Complete (Lengkap)
Concise (Singkat)
Cohesive (Logis atau Saling sesuai)

E. Unsur abstrak

Setiap konferensi juga memiliki bentuk berbeda. Perhatikan pada pedoman dibawah ini bahwa abstrak untuk konferensi yang kita ingin ikuti mungkin akan berbeda dengan pedoman ini. Tetapi selalu penting kita tidak sekadar untuk melaporkan kesuksesan; pembaca ataupun peserta belajar lebih banyak dari ketidakberhasilan ataupun Kegagalan, agar tidak melakukan kesalahan didalam proyek serupa.

1. Untuk ICAAP ke-9, bentuk berikut ini adalah ditentukan oleh panitia untuk abstrak umum (kecuali untuk yang membahas penelitian ilmiah):
2. Masalah (Issues) , Pernyataan singkat yang merangkum masalah yang dihadapi oleh abstrak.
3. Proyek (Project) , Gambaran singkat tentang proyek, pengalaman, layanan, penelitian dan juga advokasi.
4. Hasil (Results) , Gambaran singkat mengenai hasil proyek.
5. Pelajaran yang Diambil (Lessons Learned) , (tidak lebih dari 5 baris teks) ringkasan tentang pelajaran yang diambil dan juga implikasinya

Biasanya terdapat batas dalam jumlah kata yang bisa dipakai, sering 200 ataupun 250; memang pada ICAAP ke-9 batasnya adalah 200 kata, namun tidak termasuk dengan judul dan juga subjudul. Didalam Keterbatasan tersebut berarti kita harus bisa singkat. Namun kita juga harus akronim yang tidak baku atau menghindari singkatan . Jika digunakan, Maka harus dijelaskan artinya pada waktu pertama kali digunakan. Hindari kalimat yang panjang Dan juga Pastikan pada setiap bagian seimbang, serta saling sesuai dengan hubungan yang logis.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas Pengertian Kalimat Abstrak, Manfaat, Bentuk, dan Unsurnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tesebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »