Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Dan Contohnya

08.22
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Dongeng ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Novel, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Dan Contohnya .

Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Dan Contohnya 


Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Dan Contohnya

A. Pengertian Dongeng

Dongeng ialah sebuah cerita khayalan atau cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng biasanya mempunyai sifat menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng yaitu cerita yang dikarang dan diceritakan kembali dengan secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita itu bisa dibuat dikarenakan terinspirasi dari suatu peristiwa.

Dongeng ialah suatu warisan dari nenek moyang kita secara turun temurun yang harus kita kembangkan keberadaannya. Meskipun benar atau tidaknya suatu dongeng tersebut masih perlu kita pertanyakan. Dongeng merupakan suatu karya sastra yang bisa membangun sebuah karakter anak-anak untuk belajar berimajinasi. 

B. Ciri-Ciri Dongeng

Sama seperti cerita-cerita yang lain, dongeng memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan bentuk cerita yang lainnya. Berikut ini merupakan ciri-ciri dongeng :
1. Diceritakan dengan memakai alur yang sederhana.
2. Alur ceritanya yang singkat dan cepat.
3. Tokoh yang ada didalam cerita tidak diceritakan secara detail.
4. Peristiwa yang ada didalam cerita kebanyakan fiktif atau khayalan.
5. Ditulis dengan gaya pencitraan dengan secara lisan.
6. Lebih menekankan pada bagian isi atau persitiwa.

C. Jenis-Jenis Dongeng

1. Mite 

Ialah sebuah dongeng yang bercerita tentang suatu kehidupan makhluk halus, setan, jin ataupun dewa-dewi. Contohnya :  yaitu dongeng dewi sri.

2. Legenda 

Merupakan sebuah cerita yang lahir di tengah masyarakat yang berhubungan dengan suatu keaadan atau suatu peristiwa yang terjadi pada saaat itu dan melahirkan suatu asal usul, suatu nama daerah atau keadaan alam yang terjadi. Contohnya : yaitu legenda banyuwangi, malin kundang, legenda danau toba dan lain sebagainya.

3. Fabel 

Adalah jenis dongeng dalam ceritanya yang mengangkat binatang sebagai tokoh dan menceritakan tentang kehidupan mereka. Contohnya : yaitu Sang kancil

4. Hikayat 

Adalah sebuah jenis dongeng yang berkisah tentang suatu kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan serta mukjizat tokoh utama. Contohnya : yaitu Hikayat Si Miskin, Hikayat Sri Rama

5. Parabel 

Merupakan sebuah jenis dongeng yang menggunakan suatu perumpamaan yang menggunakan kiasan kiasan yang bertujuan untuk mendidik sih pembacanya. Contohnya : yaitu sepasang selot kulit.

6. Dongeng 

Orang pendir adalah jenis dongeng yang sifatnya jenaka yang menceritakan tentang suatu pengalaman pengalaman konyol ataupun tingkah laku sang tokoh yang cerdik dan jenaka. Contohnya yaitu dongeng abu nawas.

Untuk menjaga warisan dari nenek moyang kita, kita harus menjaga dan melestarikan agar kelak cucu cucu kita bisa mende
ngar dan membaca cerita-cerita dongeng.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Dongeng, Ciri, Jenis, Dan  Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya


Artikel Terkait

Previous
Next Post »