Pengertian Cagar Alam, contoh, Karakteristik dan Tujuannya

07.26
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Cagar Alam, Karakteristik dan Tujuannya ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Cagar Alam, Contoh, Karakteristik dan Tujuannya, kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Cagar Alam, Karakteristik dan Tujuannya.

Pengertian Cagar Alam, contoh, Karakteristik dan Tujuannya


Pengertian Cagar Alam, contoh, Karakteristik dan Tujuannya


A. Pengertian Cagar Alam

Cagar Alam merupakan sebuah tempat atau kawasan suaka alam yang mempunyai kekhasan yang ada di tumbuhan,satwa dan juga ekosistem tertentu yang harus dilindungi ataupun dilestarikan dan perkembangannya yang berlangsung secara alami dan sesuai dengan kondisi awalnya. Flora dan fauna yang ada didalamnya bisa dipakai untuk keperluan dimasa sekarang dan juga masa yang akan datang.

Cagar alam juga mepunyai nilai  tersendiri yang sangat penting untuk pengembangan penelitian, pendidikan, ilmu pengetahuan juga kepentingan yang lainnya.
Contoh Cagar Alam 

Ada beberapa Contoh kawasan yang dijadikan cagar alam di Indonesia ialah Cagar Alam Pananjung Pangandaran di Jawa Barat, Cagar Alam Nusakambangan Barat dan Cagar Alam Nusakambangan Timur di Jawa Tengah cagar alam kelam sintang, cagar alam arjuno lalijiwo, cagar alam pulau kaget, cagar alam kebun raya cibodas, cagar alam kepulauan karakatau, dan masih banyak juga yang lainnya.

B. Karakteristik Cagar Alam

Selain dari penjelasan tersebut, masih ada banyak lagi penjelasan tentang karakteristik cagar alam. Maka dari itu mari kita lanjutkan penjelasanya agar bisa memahami keseluruhan dari pembahasan yang dibahas. Untuk itu langsung saja kita lanjutkan pembahasannya berikut ini.
1. Mempunyai formasi dari biota tertentu dan jugu unit penyusunnya.
2. Mempunyai keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan dan juga ekosistem. 
3. Mempunyai komunitas tumbuh-tumbuhan dan juga ekosistem yang langka atau juga                             keberdadaannya yang hampir punah.
4. Mempunyai kondisi alam yang alami dan juga belum terganggu dengan campur tangan manusia.
5. Mempunyai ciri khas potensi yang menjadi contoh bagi ekosistem yang keberadaannya                       membutuhkan sebuah upaya pelestarian dan juga perlindungan.
6. Mempunyai luas yang cukup di dalam bentuk tertentu, yang mana nantinya dapat mendukung             pengelolaan dan juga menjamin kelangsungan ekologis secara alami.

C. Tujuan Cagar Alam

Sudah diberikan ulasan tentang pengertian dari cagar alam beserta karakteristinya,selanjutnya penjelasan yang akan kita ulas yaitu mengenai tujuan dari dibentuknya cagar alam. Untuk memberikan sebuah informasi dan ulasan pengetahuan secara lengkap kepada anda, maka berikut adalah tujuan tentang dibuatnya Cagar Alam.

D. Cara Melindungi Cagar Alam

Untuk melindungi Ekosistem yang terdapat di wilayah Cagar Alam supaya bisa tetap lestari dan tidak punah.
1. Untuk melestarikan flora dan fauna.
2. Untuk ,elindungi flora dan juga fauna dari kepunahan.
3. Bisa dijadikan sebagai tempat wisata.
4. Bisa  menjaga kesuburan tanah.
5. Bisa menambah devisa negara.
6. Bisa mengatur tataan air.
7. Bisa menjadi tempat penelitian.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Cagar Alam, contoh, Karakteristik dan Tujuannya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih.

Artike lainya



Artikel Terkait

Previous
Next Post »