Pengertian Alur (Plot) , Unsur, Jenis, dan Contohnya

07.20
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Alur (Plot) ? Jika kalian balum jelas tentang Pengertian Alur (Plot), kalian bisa baca artikel bawah ini karena saya akan sedikit mengulas tentang Pengertian Alur (Plot), Unsur,  Jenis, dan Contohnya.

Pengertian Alur (Plot), Unsur,  Jenis, dan Contohnya


Pengertian Alur (Plot), Unsur,  Jenis, dan Contohnya

A. Pengertian Alur (Plot)

Alur adalah sebuah struktur rangkaian kejadian-kejadian dalam sebuah cerita yang disusun dengan secara kronologis. Atau definisi alur yakni suatu rangkaian cerita sejak awal hingga akhir. Alur mengatur bagaimana suatu tindakan-tindakan yang terdapat dalam cerita harus berkaitan dengan satu sama lain, misalnya seperti bagaimana suatu peristiwa berkaitan dengan peristiwa lainnya, lalu bagaimana tokoh yang digambarkan dan berperan di dalam cerita yang semuanya terkait dengan suatu kesatuan waktu.

B. Unsur-Unsur Alur (Plot)

Secara umum unsur-unsur alur bisa dijelaskan yang ada dibawah berikut ini:
1. Pengenalan cerita, Pada bagian ini, pengarang akan memperkenalkan tokoh utama, penataan adegan cerita dan hubungan antar tokoh yang terdapat didalam sebuah cerita.
2. Awal konflik, Pada bagian ini sih pengarang atau pembuat cerita akan memunculkan bagian-bagian dalam sebuah cerita yang bisa menimbulkan suatu permasalahan.
3. Menuju konflik. Sih Pengarang cerita akan meningkatkan suatu permasalahan yang dialami olah tokoh.
4. Konflik memuncak atau klimaks. Pada bagian yang satu ini adalah puncak dari permasalahan yang dihadapi oleh sih tokoh, pada bagian ini juga tokoh di dalam cerita akan dihadapkan dalam sebuah penentuan akhir yang akan dialaminya, keberhasilan atau kegagalan biasanya menjadi suatu penentuan nasib tokoh didalam cerita.
5. Penyelesaian atau ending. Akhir dari cerita, pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana nasib sih tokoh dalam cerita tersebut apakah endingnya bahagia, buruk, ataupun menggantung.

C. Jenis-Jenis Alur (Plot)

1. Alur Maju

Alur maju, yakni suatu alur yang peristiwa ditampilkannya secara kronologis, maju, secara berurutan dari tahap awal, tahap tengah, sampai dengan tahap akhir cerita. Biasanya alur ini sering dipakai oleh sih penulis pemula, dengan membuat cerita memakai alur ini maka bisa terbangun kebiasaan menulis bagi mereka sebab jika memakai alur ini tidak terlalu sulit dalam mengarang atau membuat sebuah cerita. 

Alur ini umumnya dipakai pada sebuah  cerita yang mudah untuk di pahami atau dicerna, misalnya seperti sebuah cerita untuk anak-anak. Tapi bukan berarti alur ini tidak bisa dipakai pada cerita yang serius, misalnya seperti drama dan lain sebagainya. Contohnya : Misalnya cerpen itu awalnya menceritakan tentang seorang anak kecil dan berkembang / berakhir saat dia sudah remaja.

2. Alur mundur.

Alur mundur, merupakan suatu alur yang ceritanya dimulai dengan penyelesaian. Alur ini sering ditemui pada sebuah cerita yang memakai setting waktunya pada masa lampau. Sih penulis yang memakai alur ini haruslah pintar-pintar dalam menyusun ceritanya agar tidak membuat pembacanya menjadi kebingungan. Contohnya : cerita tentang seorang mantan veteran yang membayangkan kisah hidupnya di masa muda.

3. Alur campuran.

Alur campuran merupakan suatu alur yang diawali dengan klimaks dari cerita, yang kemudian melihat lagi masa lalu atau masa lampau dan diakhiri dengan sebuah penyelesaian dari cerita tersebut. Alur ini akan mudah didipakai dalam pembuatan cerita, jika sih pengarang cerita mengerti cara mengatur plot ceritanya. Contohnya : dapat di ambil dari cerita The Bourne Identity, di mana cerita diawali di tengah-tengah, saat Jason Bourne tidak ingat siapa dirinya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ulas mengenai Pengertian Alur (Plot) , Unsur,  Jenis, dan Contohnya. Apa bila ada kata-kata yang kurang jelas mengenai artikel tersebut, jangan segan-segan untuk mengomentarinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak lagi yang saya bahas mengenai pengertian-pengertian. Sekian trima kasih

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »