Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya

06.45
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya..? Jika kalian belum mengetahuinya kalian bisa membaca artikel berikut. Karna artikel ini membahas tentang Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya
Seni Rupa adalah cabang dari seni yang menggambarkan suatu karya seni dengan media yang dapat ditangkap/dilihat dengan mata dan dirasakan dengan rabaan, dengan peroses konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, serta pencahayaan dengan acuan estetika. 

Seni rupa 3 dimensi sendiri merupakan karya seni yang dibatasi tidak hanya dengan sisi panjang dan lebarnya saja, Tetapi juga dibatasi oleh kedalaman. Unsur ruang inilah yang akan menjadi pembeda antara karya seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi.

Jenis karya seni rupa 3 dimensi dilihat dari fungsi tujuan dari pembuatannya, karya seni rupa 3 dimensi sendiri dibagi menjadi 2 (dua) yaitu : seni rupa murni dan seni rupa terapan.

1) Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan karya seni yang menonjolkan pada keindahannya dibandingkan dengan fungsi daripada bendanya tersebut. Sehingga karya seni rupa murni ini hanya dapat dinikmati keindahannya saja. Contoh dari seni rupa murni 3 dimensi ini yaitu : patung.

2) Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan karya seni yang bertujuann untuk mempermudah hidup manusia, tetapi di sisi lain tetap memiliki nilai keindahan atau estetika. Contohnya benda yang biasa di pakai dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti peralatan dapur, arsitektur dan lainnya.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi :

  • Monumen
  • Patung
  • Tugu
  • Arsitektur
  • Alat Dapur
Itulah ulasan tentang Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com, karena masih banyak artikel tetang pengertian yang akan kami bagikan.

Artikel lainnya :


Artikel Terkait

Previous
Next Post »