Pengertian Iklim Menurut Para Ahli Beserta 5 Unsurnya Secara Lengkap

06.50
Sudahkah kalian mengetahui tentang Pengertian Iklim? jika kalian belum mengetahuinya, kalian bisa baca artikel ini dibawah ini. Karena saya akan mengulas tentang  Pengertian Iklim Menurut Para Ahli Beserta 5 Unsurnya Secara Lengkap. 

Pengertian Iklim Menurut Para Ahli Beserta 5 Unsurnya Secara Lengkap



Pengertian Iklim Menurut Para Ahli

1. World Climate Conference, 1979
Menurut Word Climate Conference menyatakan bahwa iklim yaitu suatu Sintesis kejadian suatu cuaca selama jangka waktu yang lama atau panjang, yang secara statistik cukup untuk digunakan sebagai menunjukkan suatu nilai statistik yang berbeda dengan sebuah keadaan disetiap saatnya.

2. Glenn T. Trewartha, 1980
Menurut Glenn mengungkapkan bahwa iklim yaitu suatu Konsep abstrak yang menyatakan suatu kebiasaan cuaca dan juga sebuah unsur-unsur atmosfer pada sebuah daerah selama jangka waktu yang lama.

3. Gibbs, 1978
Menurut Gibbs mengungkapkan bahwa iklim yaitu suatu peluang statistik dalam berbagai keadaan atmosfer, antara lain yaitu suhu, tekanan, angin kelembaban, yang terjadi pada suatu daerah selama dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya :

Penjelasan Perubahan Musim Di Indonesia Menurut Ahli Meteorologi
Atmosfer Bumi Terdiri Dari Beberapa Lapisan Yaitu
Penjelasan Biosfer Beserta Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup
Susunan Lapisan Planet Bumi Beserta Penjelasannya
Pengertian Litosfer Beserta Bagian-Bagian Dan Penjelasannya
Pengertian, Klasifikasi, dan Dampak Perubahan Iklim Beserta 4 Sifatnya Secara Lengkap

Unsur-Unsur Iklim

1.Penyinaran Matahari
Matahari merupakan sebuah pengatur iklim di bumi yang sangat penting dan menjadi sumber energi yang paling utama di bumi. Energi matahari ini dipancarkan ke semua arah dalam bentuk sebuah gelombang elektromagnetik. Penyinaran Matahari ke Bumi ini dipengaruhi oleh sebuah kondisi awan dan perbedaan sudut datangnya sinar matahari.

2.Suhu Udara
Suhu udara merupakan sebuah keadaan panas atau dinginnya udara yang mempunyai sifat menyebar dan berbeda-beda pada sebuah daerah tertentu. Persebarannya yang secara horizontal menunjukkan suhu udara tertinggi terdapat di sebuah daerah tropis garis ekuator (garis khayal ini yang membagi bumi menjadi sebuah bagian utara dan selatan) dan semakin ke arah kutub suhu udaranya akan semakin dingin. Sedangkan pada persebaran secara vertikal menunjukkan, semakin tinggi tempatnya, maka suhu udara akan semakin dingin. Alat untuk mengukur suatu suhu yaitu dengan termometer.

3.Kelembaban Udara (humidity)
Dalam sebuah udara terdapat air karena terjadinya penguapan. Makin tinggi suhu udara, maka makin akan banyak uap air yang dikandungnya. Hal ini yang menyebabkan makin lembablah udara tersebut. Jadi, Humidity yaitu banyaknya uap air yang dikandung oleh udara. Alat pengukurnya yaitu dengan higrometer.

4.Per-Awanan
Awan yaitu massa dari sebuah butir-butir kecil air yang larut di lapisan atmosfer bagian bawah. Awan bisa menunjukkan sebuah kondisi cuaca.

5.Curah Hujan
Curah hujan yaitu suatu jumlah hujan yang jatuh di sebuah daerah pada kurun waktu tertentu. Untuk mengetahui besarnya curah hujan digunakan sebuah alat pengukur curah hujan yaitu dengan penakar hujan (Rain Gauge).

Terjadinya perubahan iklim dikarenakan ada nya sebuah unsur unsur yaitu penyinaran Matahari, kelembaban udara, suhu udara, per awanan, dan curah hujan.

Itulah ulasan tentang Pengertian Iklim Menurut Para Ahli Beserta 5 Unsurnya Secara Lengkap. Semoga apa yang dibahas diatas bermanfaat bagi pembaca. Jikalau ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengirimkan komentar. Simak terus pelajarmuda.com Sekian dan terimakasih.

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »