Pengertian Aransemen dan macam-macamnya

06.53
Tahukah kalian tentang aransemen......? Jika kalian belum mengetahuinya, tenang saja karena saya akan membahas tentang Pengertian Aransemen dan Macam-macamnya.

Pengertian Aransemen dan Macam-macamnya 



A. Pengertian Aransemen

Kata aransemen berasal dari bahasa belanda arrangement, yang mempunyai arti menyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen musik yang berdasarkan sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.  yang melakukan aransemen lagu disebut dengan aranger atau pengaransemen. 

B. Jenis-jenis Aransemen 

1. Aransemen Vokal
Aransemen khusus vokal, yaitu dalam dua suara, tiga suara, atau empat suara. untuk menyusun aransemen vokal, yang paling mudah adalah menyusun aransemen lagu dalam dua suara. 

Untuk menghasilan yang lebih baik dan memuaskan, setelah disusun aransemen lagunya kemudian dicoba untuk menyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa masih kurang baik/memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransemen lagu tesebut hingga pada akhirnya memperoleh hasil yang baik dan memuaskan.

2. Aransemen Instrumen
Aransemen musik dikenal dengan istilah partituur (belanda), partitura (italia), part (inggris), dan parte (francis). Dalam aransemen instrumen, kebanyakan partitur bermain bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal pada pada umumnya semua partitur semuanya berbunyi bersamaan. 

Untuk menyusun aransemen instrumen kita harus menyesuikan dengan alat-alat musik yang diperlukan. Semakin lengkap alat musik yang kita perlukan, semakin banyak pula variasi yang bisa dilakukan. Untuk menyusun aransemen instrumen , kita harus berpedoman pada penegtahuan ilmu harmoni dan akor.

3. Aransemen Campuran
Aransemen campuran ialah campuran aransemen vokal dan aransemen instrumen. Cara melakukanya juga menggabungkan antara dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen campuran pada umumnya yang ditonjolkan adalah vokalnya, sedangkan instrumennyaberguna untuk mengiringi dan memperramai sehingga tujuan persajianya berjalan dengan sempurna. 

Untuk melakukan keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah disusun dibutuhkan seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau konduktor.

Mungkin hanya itu dapat saya ulas apabila ada kata-kata yang kurang jelas jangan segan-segan untuk mengirimkan komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Simak terus pelajarmuda.com karna masih banyak lagi yang akan saya bahas tentang pengertian-pengertian. 

Artikel lainya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »